Tuesday, August 25, 2015

Cheese Bluder Tape Almond





Sudah semingguan lebih ga nengok blog. Lagi banyak garap kerjaan lain. Trus yang dari jumat lalu sibuk bikin bakpia untuk acara pesta rakyat, sehari bikin 800 pcs bakpia. Duh gempor, mana migrain kambuh. Jadinya di stand ga sampai habis acara, langsung pulang, tepat deh. Tidur sampe esok harinya.


Waktu di pesta rakyat kemaren sempat beli 4 bungkus Tape ( 2 tape ketan item dan 2 bungkus lagi tape singkong) di stand toko sederhana (satu satunya toko indonesia di austria). Tape ketan hitam biasanya sih cuman aku makanin gitu aja. Nah yang Tape singkong pingin aku bikin something. Setelah sibuk googling dari proll tape, kue mangkuk, kolak, rondo royal, colenak, ice cream dan masih banyak lagi, akhirnya nemu dua pilihan, antara Chiffon Tape dan  Bluder Tape. Karena pertimbangan chiffon banyak telur dan bluder lebih dikit simple dan tidak memakai banyak telur. Akhirnya pilihan jatuh ke bluder tape. Walopun saya tambahin bahan ini itu (pingin bikin yang beda ama yang resep). Akhirnya jadi Bluder Tape abal abal ala saya. Walopun abal abal aka jadi jadian, tapi rasanya enak, lembut.
Yang mau cobain, silahkan ya, resep di bawah ini.


Cheese Bluder Tape Almond

Bahan :

Bahan  biang : 1 sdt penuh ragi , 85 ml air hangat, 1 sdt gula pasir,  1 sdt terigu protein sedang (optional). Aduk,  diamkan hingga berbuih.

1. 100gr Butter
2.   90gr Margarine
3.  175gr Gula Castor
4.   10gr Maizena
5.   190gr Terigu Serbaguna
6.    20gr Susu Bubuk
7.   4 butir telur ukuran L
8.   1 sdm makan almond bubuk
9.   175gr Tape Singkong, haluskan.
10.  75gr Cheddar Cheese, serut lembut.
11. 1 sdt vanila essence
12. 1 1/2 sdt baking powder


A. Panaskan oven 180 derajat. Siapkan loyang yang sudah disemprot dengan baking spray/olesi margarine dan sedikit terigu atau langsung baking paper cup
B. Kocok butter, margarine, gula hingga lembut (putih) dengan kecepatan sedang. Turunkan speed mixer, tambahkan telur satu per satu. Kocok cepat lagi sampai tercampur rata.
C.  Pelankan mixer, tambahkan tape singkong yang sudah dihaluskan. Lalu masukan terigu yang sudah dicampur dengan maizena, susu bubuk, baking powder secara bertahap. Tambahkan almond bubuk, vanila eesence.
D. Masukan dalam cetakan/loyang/baking paper cup, taburi atasnya dengan irisan almond. Panggang selama  40 menit.
E. Kalo sudah matang, matikan oven. Diamkan 5 menit. Keluarkan loyang, diamkan sampai dingin. Potong bluder ketika sudah benar benar dingin.





2 comments:

Meidiana Kusuma said...

wooooohh 800 bakpia :3 semangatt bikinn kue

bintang alzeyra said...

Iya. Jualan di pesta rakyat