Tuesday, July 28, 2015

Putri Salju

Udah lama banget ga bikin kue yang satu ini. Kayaknya sih terakhir kali bikin, sewaktu saya masih tinggal lama di jogja (th 2004). Kalo dulu lama ngga bikin karena bosen liat putri salju. Tiap liat ada kue kering, di situ ada putri salju.

Semalem, pas lagi jalan jalan di blog lain, tiba tiba ngeliat putri salju lagi. Kok jadi pingin ya?  Kue yang satu ini memang ada dimana mana, di belahan dunia manapun. Di austria (austria-jerman) disebut vanillekipferl. Biasanya kue ini tersaji dengan kue kue kering lain waktu perayaan natal. Pas baca blognya mba Endang JTT, liat ada yang mirip, namanya mexican wedding cookies.

Ah, makin bingung saya, mau bikin yang mana nih (maksudnya ngikutin kiblat resep mana). Pas check rak bahan bahan kue, ngerasa aman. Ada gula donat yang selalu adem di mulut, 1kg. Trus ada almond bubuk, 1.5kg. Tapi karena buat ngobatin rasa kangen aja, bikin sedikit aja.

Sebenarnya, pingin bikin putri salju yang beda. Dikasi buah, misal rapsberry atau blueberry. Tapi, pas coba maduin 2 resep (Putri salju ama maxican wedding cookies), kok rasanya kuat gurih (ngeju +susu), ga pas deh gabung ama buah. Ya sudah, buah sementara skip aja. Ntar buat eksperimen yang lain (waktu lalu sempat eksperimen Rapsberry Sakura Bakpia).

Nah ini resep yang udah saya modifikasi semalem. Hasilnya..nom ..nom..nom..enaaakk



Putri Salju



Bahan :
250gr Butter dingin (pilih yang kuat aromanya)
80 gr Gula halus
1 1/2 Vanila extract
1/2 sdt Garam
80gr Almond bubuk (saya pake yang halus, yang biasa buat macarons)
70gr Keju parmesan
250gr Terigu protein rendah
70gr Maizena
1 sdm Susu bubuk full cream

Taburan
100-180gr Gula donat + 3 sdm Susu bubuk full cream


Cara membuat :

1.Panaskan oven 160 derajat
2.Potong kecil kecil butter dingin (yang sudah dimasukan kulkas semalem ), campur dengan gula halus, garam, vanila extract. Kocok selama 2 menit  dengan kecepatan rendah (tercampur rata).
3.Tambahkan keju parmesan, almond bubuk, susu bubuk, aduk rata dengan sendok kayu.
4. Masukan terigu yang sudah dicampur dengan maizena (diayak sebelumnya) ke dalam campuran adonan butter. Aduk rata.
5. Cetak adonan sesuka hati (saya cukup bikin bulat bulat seperti membuat nastar). Taruh diatas loyang yang sudah dialasi baking paper.
6.Panggang selama 25 menit di rak tengah.
7.Gulingkan ke gula donat yang sudah dicampur dengan susu ketika kue masih dalam keadaan hangat.




No comments: