Tuesday, July 28, 2015

Ube Purple Yam Ice Cream

Udah sebulan ini rajin bikin ice cream saking panasnya. Kalo yang ini ice cream yang biasanya dibuat oleh orang philipina. Warnanya ungu menarik. Aroma dan rasa santan mengingatkan saya dengan ice cream 'puter Dung Dung' yang biasa dijual oleh penjual ice cream yang lewat depan rumah atau suka nongkrong depan sekolah (TK - SD) jaman saya. Biasanya penjual memakai gerobak atau naik sepeda.
Purple yam atau talas ungu sendiri sebenarnya tidak terlalu ungu menurut saya (setidaknya itu yang saya jumpain di asia shop), ngga tahu ya kalo di philipina atau mungkin di indonesia ( bogor yang terkenal dengan talas ungu). Ketika salah satu teman yang pernah tinggal di philipina menunjukkan foto ice cream ube yang dijual sana, warnanya ungu pekat. Jadi rada mikir saya, jangan jangan pake pewarna makanan tambahan?
Memang, 3 hari lalu saya sempat browsing, ada yang berwarna ungu, tetapi memakai campuran buah naga yang agak berwarna ungu (saya belum mencoba kalo versi yang ini).

Ini adalah ice cream ube yang pertama saya buat tanpa pewarna ungu tambahan

Sedang yang ini versi kedua yang saya buat dengan menambahkan pewarna makanan ungu

Oh iya, ice cream ini bisa dikonsumsi orang yang menghindari kuning telur dalam pembuatan ice cream. Memang struktur ice cream ini tidak selembut dengan menggunakan kuning telur.



                                              Ube Purple Yam Ice Cream


Bahan :

1.  170 gr Ube (misal tidak ada pake ubi jalar ungu juga bisa), kukus. Haluskan
2.  170 gr Santan
3.  255 gr Whipped cream
4.  255 gr Susu segar
5.  85-100gr Susu kental manis (kalo suka manis boleh ditambahkan)
6.  170gr Macapuno (kelapa keruk yang sudah dikasi sirup gula, biasanya dijual dalam gelasan. atau bisa diganti dengan kelapa muda yang sudah dikerok.
7.  2 sdt Vanila extract



Cara membuat :

1. Panaskan susu segar, santan, susu kental manis, vanila dalam panci, api kecil, hingga matang, sambil diaduk aduk dengan whisk. Dinginkan
2. Kocok whipped cream hingga kental, campurkan ke dalam susu dan santan yang sudah dingin. Masukkan ke kulkas minimal 4 jam (saya biarkan semalam).
3. Nyalakan mesin ice cream, masukan whipped cream+santan+susu secara pelan pelan. Kalo sudah 20 menit (sudah keliatan creamy), masukan ube halus secara pelan pelan. Masukkan juga Macapuno/kelapa muda.Kocok terus dengan mesin ice cream kira kira 5-10 menitan. Oh iya, kalo warna dirasa masih terlalu pucat, silahkan diberi pewarna makanan berwarna ungu.


Selamat mencoba.



No comments: