Tuesday, July 21, 2015

Sakura Matcha Ice Cream



Sudah seminggu ini cuaca panas banget 38 an derajat, bahkan diperkirakan suhu bakal naik lagi. Meleleh rasanya. Pinginnya berendam di sungai deh, nyes..nyes. Bawaannya pingin minum, makan yang seger seger, asinan, rujak, makan buah, ice cream.

Semalem, ngecek isi freezer dalam rumah agak longgar, jadi kepikiran bikin ice cream. Sebenarnya agak capek sih, setelah seharian bikin bakpia ama chiffon cake, abis itu antar pesenan ibu Dubes, di kota (negara tetangga), bratislava, slovakia. Tapi tanggung juga, kalo bikin keesokan hari ice creamnya. Jadi begitu sampai rumah, langsung ke gudang bawah tanah, ambil mangkuk ice cream di freezer. Kebetulan, kami ada freezer besar di gudang bawah tanah. Freezer di dalam rumah sangat kecil, hanya buat untuk 2 box ice cream kira kira, tapi tidak muat untuk mangkuk ice cream nya.

Oh iya, beberapa teman nanyain soal ice cream maker di foto saya. Saya hanya pake mangkuk ice cream dari Kitchen Aid. jadi tidak beli khusus ice cream maker. Karena di rumah sudah ada Kitchen Aid artisan, jadi saya hanya perlu beli mangkuk ice cream secara terpisah. mangkuk ice cream di amazon cukup murah harganya €90. Kualitasnya juga ok, dan pemakaian juga mudah. Bahkan untuk membersihkan tidak ribet. Cukup dicuci di air kran dengan sabun. Keringkan. Lalu masukan di freezer lagi, jadi sewaktu waktu dibutuhkan, tinggal pake.

Karena pingin bikin ice cream green tea yang agak beda, saya memakai essence bunga sakura. Ini dia resepnya :


Sakura Matcha Ice Cream


Bahan :

1/2-1 sdt essence bunga Sakura
2 sdm Bio Matcha (bisa pake Matcha atau green tea lain juga loh ya)
3 kuning telur (kalo saya pake Bio Freilandeier. Bagi teman teman yang di indonesia, disarankan memakai telur ayam kampung)
100gr gula castor (kalo kurang manis bisa ditambah sekitar 20-30gr an lagi)
185gr susu cair (saya pakai Nom Lactosefrei/Nom non Lactose)
175gr heavy cream (saya juga pake yang non Lactose)

Cara membuat :
1. Siapkan mangkuk kecil yang sudah diisi Matcha.
2.Di dalam mangkuk terpisah. Kocok kuning telur dan gula hingga kental.
3.Rebus susu dalam panci (api sedang), masak hingga panas (kira kira 176 F. Jangan sampai mendidih). Matikan api.
4.Ambil 6 sendok makan susu panas, masukan ke matcha. aduk hingga menjadi halus (kalo masih bergerindil bisa disaring).
5. Masukan pasta matcha ke dalam susu. aduk rata.
6.Tambahkan kuning telur yang sudah dikocok dengan gula ke dalam panci yang berisi susu dan matcha.
7.Nyalakan api (cukup pakai kecil). Aduk aduk dengan balon whisk sampai smooth.
8.Kalo sudah menjadi adonan yang halus, matikan api. Angkat, saring lagi dan sisihkan. Biarkan dingin.
9.Kocok heavy cream dalam double mangkuk (mangkuk yang luar dikasi es batu) sampai kental, satukan dengan adonan susu yang sudah dingin. Masukan essence Sakura, aduk rata. Lalu, masukan dalam wadah/ice cream container plastic. Diamkan selama 2-4 jam.
10. Setelah 2-4 jam, keluarkan dalam kulkas. Nyalakan mesin kitchen aid yang sudah ada mangkuk ice creamnya. Untuk yang pakai ice maker lainnya, mungking juga sama, tinggal masukan ke dalam ice maker.  Masukan ke mangkuk ice cream yang sudah dinyalakan mesinnya, tuang secara pelan pelan. Tunggu selama 25 menit. Untuk kitchen aid ice maker cuma butuh kecepatan mengaduk 1 (pelan).
11..Setelah 25 menit, cairan akan berubah creamy. Masukan dalam wadah/ice cream container. Taruh di freezer selama minimal 6 jam.



SELAMAT MENCOBA!

No comments: