Sunday, June 28, 2015

Bio Sweet Orange Chiffon Cake



Hari ini posting 2 resep. Masih punya utang ama temen mau posting nih resep. Mumpung keinget.
Entah untuk keberapa kalinya saya bikin chiffon cake. saya suka teksturnya, so soft, serasa makan kapas, ringan.Kebetulan pula, ada temen lama ingin main ke rumah. Makanya saya langsung kepikir chiffon cake yang relatif gampang buatnya. Mumpung di rumah ada banyak bio orange (saya ama suami hampir tiap hari minum perasan sweet orange, apalagi musim panas gini), saya pun memutuskan untuk membikin chiffon cake orange. Oh iya, kenapa saya memakai bio orange, karena saya memakai parutan kulit orange untuk aroma cake nya (bio, aman dimakan, jauh dari pestisida ato semprotran apapun).
Berikut resepnya


BIO SWEET ORANGE CHIFFON CAKE

Bahan :

A. 7 kuning telur
     200gr gula castor
     210gr self raising flour
     150ml perasan bio sweet orange
     120 ml minyak jagung/corn oil
     1/4 sdt garam

B. 7 putih telur
     80gr gula castor
     20gr maizena
     1/2 sdt cream or tar tar (optional, bisa diganti 1 sdt perasan jeruk lemon)


Cara membuat :

Panaskan oven 160 derajat. Siapkan loyang angel food cake 25cm  tanpa dioles apapun.

A. Kuning telur kocok dengan gula hingga mengembang/kental, berubah warna. Dalam mangkuk terpisah, campur self raising flour, air perasan orange, minyak jagung dan garam, aduk. Masukan kuning telur yang sudah dikocok.

B. Kocok putih telur, masukan cream of tar tar/peresan jeruk lemon, tambahan gula pasir secara bertahap sambil dijkocok hingga mengkilap.

Masukan bahan B ke A secara bertahan, sambil diaduk rata. Masukan ke dalam loyang secara perlahan.  Oven selama kurang lebih 80 menit. Tusuk dengan lidi, kalo sudah tidak menempel di lidi berarti sudah matang. Keluarkan dari dalam oven, balik loyang. Diamkan hingga dingin, baru cake dikeluarkan dari loyang.

No comments: