Friday, June 26, 2015

Soto Cemplung Austria

Bismillah..

Mumpung masih ada semangat buat nulis blog hari ini. Tadi pagi upload foto foto olahan kemaren di fb, path ama instagram, seperti soto jogja dan Sweet Chiffon Orange Cake. Trus ada request teman minta resep (kebetulan juga maren malam juga udah kepikiran nulis resep soto ini).

Kemaren, salah satu temen baik saya, orang austria, yang suka wora wiri ke indonesia, pernah kuliah di UNY dan UGM, datang berkinjung ke rumah.  Simon Gorski namanya. Kebetulan dia sedang mengerjakan tugas akhir kuliahnya. Dia meminta saya sedikit membantu menterjemahkan/menyimpulkan beberapa halaman buku berbahasa indonesia yang menjadi sumber untuk pengerjaan tugas akhirnya.

Seperti biasa saya selalu memikirkan hidangan yang bakal saya olah (walopun itu ini sebenarnya kegiatan rutin saya, karena tiap hari suami lunch di rumah).
Karena kebetulan di sebelah rumah ada supermaket, saya pun langsung ngacir belanja. Akhirnya, dapat ayam kampung segar. Langsung deh teringat, soto ayam kampung pasti enak.

Kebiasaan saya memasak adalah asal masuk/kira kira atau ajian cemplung. Begitu sudah tahu bumbu basic nya, ya saya asal ambil bumbu di dapur, jumlahnya dikira kira saja (kebetulan pula, saya banyak menggunakan bumbu bubuk --bukan bumbu instan loh).


Nah karena saya takut diprotes orang jogja (walopun saya sendiri orang jogja asli), soal resep soto jogja yang mungkin beda dengan resep saya. Maka saya pake nama lain saja. Soto Cemplung Austria. 

Alhamdulillah, hasilnya enak (karena tetap pake  salah satubumbu andalan , Manis Jangan). Kemaren simon sampai bilang "loh, kok mirip soto asli'
saya langsung menyahut dari dapur ''ini memang soto beneran, dikiranya Fake Soto..''
Dia buru buru memotong kalimat saya ''maksudku penampilannya''
Oalah...
Nah, Soto Cemplung Austria tersaji, dinikmati dengan kerupuk kesukaan kami, Krupuk Bocah Tua (yang menurut saya ..aduuh, enak banget, kriuknya itu loh).
Berikut resepnya, seperti yang sudah saya bilang di awal, bumbu silahkan dikira kira takarannya.


SOTO CEMPLUNG AUSTRIA

Bahan :

1 ekor ayam kampung
Bawang merah
Bawang Putih
Lengkuas
Jahe
Jintan
Merica
Kunyit
Manis Jangan (bukan kayu manis loh ya. Kalo versi wikipedia indonesia namanya mesoyi. Mirip dengan kayu manis, akan tetapi mesoyi atau manis jangan lebih tebal. Kalo di daerah asal saya di sleman biasa disebut manis jangan. Banyak dijual di pasar pasar tradisional. Aromanya juga sangat berbeda dengan kayu manis)
Kemiri
Ketumbar
Daun Salam
Daun Jeruk
Sereh
Kapulaga
Cabe Hitam

Pelengkap : Mie Soun, Wortel yang udah direbus, Kentang goreng/perkedel

Cara membuat :

Haluskan bumbu, kecuali Sereh; daun jeruk, daun salam, dan Manis Jangan. Untuk Jintan, lengkuas, ketumbar, saya pakai yang bubuk.
Tumis bumbu hingga harum, sisihkan.
Masukan ayam ke panci yang sudah diisi air, rebus hingga setengah matang. Masukan bumbu. Masak hingga matang.
Angkat ayam. Pindahkan kuah soto ke panci lain dengan cara disaring.

Untuk garam dan penyedap rasa dimasukkan ketika diracik (seperti di abang abang penjual soto itu loh)

Selamat mencoba.



No comments: