Wednesday, June 24, 2015

Sakura Matcha Sago Mochi with Kinako




Matcha aka Green Tea. Saya suka, ntah mulai kapan saya suka matcha, yang jelas sesuatu yang berbau matcha, saya suka. Mulai dari matcha latte, kit kat matcha, matcha cake, matcha cookies, sampai ice cream matcha. Makanya, di dapur saya selalu ada stock matcha. Ntah matcha for cooking atau matcha sekedar untuk drink. Saya pun senang berkreasi dengan matcha, mulai dari Bakpia Matcha Almond, Matcha Chiffon Cake, Japanese Matcha Cheese Cake, Matcha buble tea, matcha ice cream, matcha palatschinken (dadar gulungnya orang austria dan jerman), klepon matcha, aaah semua pakai matcha.

Terkadang saya sempatkan ke toko teh di austria yang menjual Bio Matcha agar saya selalu punya stock matcha banyak. Bahkan akhir akhir ini saya sering pesan ke teman saya di jepang, untuk pesan sesuatu yang berbau matcha dan sakura, seperti kit kat matcha sakura, pocky sakura dan lainnya. Tak ketinggalan, saya pesan matcha powder. Salah satu loyal customer saya di indonesia (yang habis bepergian ke jepang) juga mengirimi saya  kit kat sakura matcha dan matcha latte. Suami saya, kebetulan juga penggila matcha. Jadi eksperiment matcha apapun yang saya buat, selalu dia makan sampai habis.

Oh iya, 2 minggu lalu saya dapat kiriman banyak dari mba yanti, teman saya yang di jepang (alot of kit kat and pocky matcha), dia juga mengirimi saya Kinako (bubuk kedelai yang disaring halus) dan semacam Warabi Mochi (saya pikir awal, puding). Mba yanti cerita, bahwa dia dan anaknya yang pinter masak, suka sekali makan kinako dan mochi ini. Bahkan anaknya sering membuat sendiri mochinya dari tepung sagu. Karena mba yanti ngasi resepnya hanya bahan  saja, maka awal saya buat pun kira kira. Saya hanya memasak air, ditambah susu bubuk, gula, matcha dan saya tambahin sakura essence kesukaan saya, tanpa kira kira (pake feeling), akhirnya jadi. Di atas Pic yang ke 2 atas adalah Mochi buatan Pabrik (kiriman mba yanti), sedangkan pic yang ke 2 bawah adalah hasil percobaan ngawur saya (alhasil, ketika ada teman yang tanya resep, sayapun hanya jawab bahan).

Nah, barusan saya bikin resep sendiri yang ga kira kira, biar teman teman semua bisa ikut mencoba. kalo ini saya posting resep mochi nya saja. Untuk Kinako saya  masih pakai yang jadi, next time saya coba bikin sendiri.

Bahan :

60gr tepung sagu (saya pakai sagu tani)
1 sdt matcha powder
1/4 sdt garam
5 tetes essence Sakura
450 ml susu atau air yang dicampur 3 sdm susu bubuk atau pakai susu kedelai.
3 1/2 sdm gula pasir atau 1 sdm Stevia

Cara membuat :

Semua bahan dimasukan dalam panci, aduk rata. nalakan api, masak dengan api kecil sambil diaduk aduk terus (jangan ditinggal, nanti gosong dan bergerindil) sampai matang. Tuang dalam cetakan, biarkan sampai dingin. Baru masukan dalam kulkas. Keluarkan jika sudah dalam keadaan dingin betul. Hidangkan dengan taburan Kinako.








1 comment:

Luisa Elvrinska said...

Kinakonya beli di mana ya?