Monday, June 8, 2015

Simple White Asparagus Lasagna

Ini sudah yang kesekian kalinya ketika saya sudah niat masak, jalan separuh..eee ada yang kurang. Seperti hari ini, pagi pagi buka kulkas, ada daging sapi giling segar 500gr. Langsung keinget lasagna kesukaan suami. Seperti biasanya, setiap pagi hari saya sibuk berpikir, kira kira ntar agan (juragan : sebutan saya untuk suami) makan siang apa ya? Ato sehari sebelumnya (malam hari) biasanya saya tanya ke agan, besok mau makan apa gan?
Ok  balik ke masalah lasagna, udah iris bawang putih, bawang bombay, dilanjut numis daging. Buka lemari, yaah baru keinget jamur kaleng habis (sisa satu, malah saya buat Mie Kalkun Wonogiri == ayam nya diganti daging kalkun). Ya sudah lah, ngga usah pakai jamur. Bongkar sana bongkar sini, ya ampuun, tomat kaleng juga habis. Waduh, apes. Buka kulkas, alhamdulillah masih ada tomat segar. Ok lah kalo begitu, pakai tomat segar saja. Eh, mata tiba tiba melirik ke asparagus putih di kukas bagian bawah. Campurin ke lasagna ah.

Di austria lagi musim asparagus, ada yang hijau, ada pula yang putih. Saya kebetulan pakai Asparagus dari daerah Marchfeld (yang sangat dikenal dengan Asparagus nya, bahkan ada salah satu orang austria yang sudah lama menetap di USA, buka restorant yang memakai Asparagus dari Marchfeld. Jadi Asparagus khusus diterbangkan dari Marchfeld ke USA. Jangan tanya soal harga hidangan di restorant ini ya? )



Simple White Asparagus Lasagna
by Bintang Alzeyra

Bahan :

500gr Daging Sapi Giling ( usahakan yang segar)
500gr Asparagus  (kebetulan saya pakai yang putih, kalo adanya cuman yang hijau ngga masalah. Hilangkan kulit luarnya. Masak dengan air mendidih yang ditambah sedikit garam dan butter, kira kira 5 meni, angkat, sisihkan)
2 siung bawang putih sedang (cincang halus)
1 buah bawang bombay besar (cincang kasar)
3 buah tomat besar (blender sampai hancur)
1 sdt Oregano
2 sdt Daun basil (bisa kering atau basah)
1 sdt gula pasir
2 sdt garam
1/4 sdt Pala
1 sdt merica putih bubuk
4 lembar Bay Leaf
300 ml Saus Bechamel (karena masih punya stock bechamel, jadi ya ngga usah repot bikin sendiri)
250 gr keju parut ( jenis keju terserah aja, kali ini saya pakai cheddar)
9 lembar kulit lasagna yang siap pakai.
Loyang kaca 28x16x5cm


Cara membuat :

Panaskan oven 160 derajat.

Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harus. Masukkan daging giling, aduk aduk, tunggu sampai berubah warna. Tuang tomat yang sudah diblender halus, tambahahkan oregano, daun basil,  merica,  pala, garam, gula, bay leaf,  aduk aduk sampai matang. Sisihkan.

Siapkan loyang, oles dengan minyak zaitun (pakai margarine juga bisa). Atur 3 lembar kulit lasagna. Oles dengan saus bechamel. Masukan daging (separo dari daging yang telah diolah), ratakan. tabur dengan keju parut. Tutup atasnya dengan kulit lasagna lagi. Susun Asparagus putih, tuang kembali saus bechamel, ratakan. Tabur lagi keju. Tutup kembali dengan kulit lasagna, daging, saus bechamel dan keju parut.

Masukan ke dalam oven, panggang kurang lebih 50 menit.







No comments: