Sunday, June 28, 2015

Boba /Tapioca Pearls for Buble Tea



Siapa sih yang nggak kenal ama Buble Tea? Mix Tea (aneka jenis tea +aroma) dengan campuran Boba aka Tapioca Pearl yang berwarna warni ataupun yang berwarna pekat (coklat kehitaman), kenyal, manis, seger pokoknya.

Rada sulit sebenarnya untuk mendapatkan Tapioca Pearls yang siap dipakai, selain itu harganya yang lumayan mahal menurut saya (untuk pearls yang berbahan baku tapioca yang murah).
Saya sendiri hanya sekali minum buble tea, itu pun dah lama sekali. Cuma waktu itu tidak pernah terlintas bahwa saya akan senang membuatnya sendiri.

Kemaren saya posting di facebook ( seperti biasanya ) soal Matcha Buble Tea. Saya pun berjanji dengan teman teman untuk posting resep tapioca pearls nya di sini. Sebenarnya, bahan untuk tapioca pearls ini sangat mudah dan tidak mahal.  Hanya saja, karena bentuknya yang amat sangat bulat mini, bikin jari jemari keriting, karena saya pake metode bulatin tapioca satu per satu. Sebenarnya bisa sih dengan metode digulung memanjang kecil adonannya, kemudian diiris iris, lalu dibulatin secara bersamaan (tapi kebetulan saya lagi ada semangat ngerjain satu per satu, jadi metode ini nggak saya pakai). So, kalo memang pingin banget minum buble tea versi bikin sendiri, syaratnya harus ada waktu luang dan mood.


TAPIOCA PEARLS


Bahan


A. 120gr tepung tapioka
     10 gr sirup ahorn/maple  syrup
    10 gr gula couleur atau caramel syrup (bentuknya cair, warnanya coklat pekat rada kehitaman)
    40-60 ml air hangat/panas (kurang lebih)

B. 50gr gula/25gr stevia.
    100 ml air


Cara membuat :

Pertama, bikin sirup dari bahan B. Air dan gula dimasak hingga mendidih. Sisihkan.

Masukan tapioca ke dalam mangkuk , tambahkan sirup maple dan gula couleur, aduk pelan pelan hingga hampir tercampur semua. Masukan air hangat/panas secara pelan pelan sambil diaduk dengan tangan (jangan pakai sendok), uleni hingga kalis. Bentuk bulat bulat kecil. Sisihkan. Masak air di panci, biarkan hingga mendidih. Masukan butiran butiran tapioka. Masak dengan api sedang kurang lebih 10-15 menit. Angkat.
Lalu angkat dengan saringan, masukan ke sirup gula (bahan B) agar pearls tidak lengket.

Sajikan dengan dengan kreasi tea kesukaan anda.

1 resep untuk 4 porsi/gelas.

No comments: