Thursday, June 4, 2015

RengPek







Kemaren siang, kebetulan suami saya tidak lunch di rumah (kebetulan kantor suami, tidak jauh dari rumah) karena ada banyak kerjaan. Tapi dia sudah siap stock Pop Mie di kantor (salah satu jenis produk mie instan made in indonesia, kesukaan suami saya), dan bakso (saya buatkan 1/2 kg bakso sapi untuk dibawa ke kantor dan dimasukkan freezer tentunya. Jadi sewaktu waktu dia nyeduh pop mie, bisa ditambahin bakso).
Kalo suami pas absen lunch di rumah, saya biasanya makan bebas (kadang skip makan siang karena malas). Kebetulan pas di dapur, saya melihat masih ada sisa kuah pempek sisa kemaren. Tapi karena pingin makan beda, saya pun buka kulkas. Hmm ikan salmon asap pun jadi sasaran saya (kebiasaan makan cireng dengan smoked salmon atau smoked beef). Saya jadi berpikir, kayaknya enak nih bikin cireng diguyur kuah pempek. Hasilnya tidak mengecewakan, aci saya goreng kecil kecil, disantap dengan kuah pempek dan mentimun. Enakkk..kenyil kenyil bahasa jawa nya.

Ini resep sederhana RengPek versi bintang alzeyra


Bahan bahan :

A.  40gr tapioka
      1 1/2 sdm terigu
      1 sdt garam
      1 sdt gula pasir
      1/2 sdt merica bubuk putih
      100 ml air panas
      1 putih telur
      1 sdt bawang putih bubuk
      100gr salmon asap/smoked beef/smoked turkey, cincang halus.
      1 tangkai daun bawang, iris tipis.



B.  150-200gr tapioka (dikira kira, dicampu pelan pelan).

C.  Kuah pempek


Semua bahan A dicampur kecuali putih telur (aduk pake sendok kayu, jangan pakai tangan langsung, panas!). Sisihkan, biarkan hangat. Dalam keadaan hangat, campurkan putih telur. aduk hingga rata. Tambahkan  bahan B secara bertahap, aduk dengan tangan langsung, hingga adonan kalis, bisa dibentuk. Bentuk bulat, lalu gepengkan. Panaskan minyak, goreng adonan sampai matang (untuk menghindari cireng yang bisa meledak, disarankan menggoreng dengan minyak sedang, jangan terlalu panas).

Angkat. Sajikan dengan kuah pempek dan mentimun (jika suka).



      





No comments: